[Supper Snapshots Exhibition] big thanks to our media partners

Articles from our media partners:

gigsplay

Supper Snapshots : Capturing 2 Cuisines 

- Pameran Fotografi Dua Negara

Written by: Rangga Fajar 
Dua orang fotografer dari dua negara berbeda yaitu Oxalis Atindriyaratri (Indonesia) dan Maarten Wesselius (Belanda) akan menyelenggarakan pameran fotografi bertemakan kuliner yang akan dibuka pada hari Sabtu (17/3) malam, bertempat di Commonroom, Bandung. Pameran fotografi tersebut akan dimeriahkan pula oleh penampilan dari band indie pop asal Jakarta, Funny Little Dream dan Ella Empress and The Layers of Reality, sebuah proyek musik dari Maarten Wesselius bersama rekannya Ella asal Belanda.
Perjalanan kedua fotografer tersebut dimulai ketika Oxalis dan Maarten yang saat itu masih menjadi mahasiswa di Universiteit Leiden, Belanda, membuat postingan pertama mereka di blog bernama Supper Snapshots. Blog tersebut kemudian diisi foto makanan yang mereka masak dan konsumsi sehari-hari selama dua tahun ke depan. Blog itu sendiri terinspirasi dari newsletterPhotojojo beberapa hari sebelumnya yang menampilkan dua blog yaitu “Minty Forest” yang dibuat Nina Barry dan Josh Shayne serta “Don’t Wiggle” oleh Rajit dan Spatialk”.
Dalam rilis persnya, makanan dipilih sebagai tema spesifik karena sejumlah alasan sederhana; mereka suka makanan enak, mereka sering masak bersama, dan punya minat yang sama di bidang fotografi. Saat makanan mulai disajikan, mereka mulai mendokumentasikannya ke blog mereka.
Oxalis dan Maarten cukup serius dalam me-maintain Supper Snapshots ini. Terlihat dari bagaimana akhirnya mereka tidak hanya mendokumentasikan apa yang mereka makan, tetapi juga mengambil foto dengan konsep matang yang disiapkan terlebih dahulu. Dengan kata lain, mereka akhirnya mengkonsumsi makanan apa yang mereka ingin foto, bukannya memotret apa yang makan.
Mereka juga mulai bereksperimen, baik dalam makanan maupun foto mereka, dimana mereka mulai mencoba membuat foto-foto yang lebih bervariasi untuk blog tersebut. Beberapa foto mungkin terlihat biasa-biasa saja, menampilkan sajian di atas piring, namun yang lainnya dapat saja berbentuk potret sayuran, bumbu dapur, minuman, atau kemasan makanan. Sering foto yang ditampilkan diambil dengansetting yang tidak biasa, dan beberapa foto membuat Anda bertanya-tanya makanan atau minuman apa yang sedang Anda lihat.
Jumlah foto keseluruhan sebanyak 1448 yang diambil selama dua tahun disusun secara horizontal dengan posisi hasil jepretan Maarten selalu berada di posisi kiri dan Oxalis di sebelah kanan yang didasari alasan susunan alfabet yaitu huruf “M” terlebih dahulu yang kemudian disusul dengan huruf “O”.  “Juga kalau dilihat pada peta, posisi Belanda berada di sebelah kiri (barat) sementara Indonesia terletak di sebelah kanan (timur)” ujar Oxalis menambahkan.
Dalam beberapa waktu belakangan, Oxal dan Maarten mencetak buku setiap empat bulan sekali yang berisi foto-foto pilihan mereka dan mendapat respon positif. Salah satu teman dekat kemudian menyarankan agar proyek sederhana ini dibuatkan pameran foto.
Pameran tersebut akan menitikberatkan pada perbedaan makanan Belanda dan Indonesia, dengan sub-judul “Capturing 2 Cuisines”. Dalam pameran tersebut, foto-foto Maarten akan menampilkan makanan dari Belanda, sementara foto-foto karya Oxalis menampilkan makanan Indonesia. “Suppers Snapshots: Capturing 2 Cuisines” akan digelar hingga tanggal 31 Maret mendatang di Common Room Networks Foundation, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung.

**

provoke!



Supper Snapshots Photo Exhibition by Oxalis & Maarten


By Ignatius Ivan / 16 March 2012

demen makan? demen motret ? Wajib hadir kalo gitu

Berawal dari blog iseng-iseng mereka di tahun 2009, dua fotografer  muda Oxalis Atindriyaratri (Indonesia) dan Maarten Wesselius (Belanda) ini bakal meluncurkan Pameran foto mereka di Common Room Networks Foundation, Jl. Kyai Gede Utama No 8  Bandung mulai Sabtu besok, 17 Maret – 31 Maret 2012 nanti. Kalo lo intip poster di atas, pasti tau dong spesialisasi mereka berdua apa ? Yap, tema makanan dipilih oleh mereka berdua sebagai obyek foto karena alasan sederhana : mereka suka makan enak, sering masak bareng, dan juga demen fotografi. Berawal dari hobinya itu, proses pemotretan makanan-makanan tadi pun jadi semakin beraneka-ragam dan lebih ‘diniatin’. Gak jarang, foto-foto makanan mereka ini dibuat dengan konsep yang matang. Dengan total 1448 fotoselama 2 tahun ini, Marteen & Oxalis belakangan ini rutin ngeluncurin buku fotografi  setiap empat bulan sekali yang mendapat respon positif dari para peminat fotografi.
Nah, dalam pameran yang diadain besok tersebut, mereka bakalan mengangkat temaCapturing 2 Cuisines, yang menitikberatkan pada perbedaan makanan dari 2 negara tersebut. Oxalis dengan makanan khas Indonesianya dan Maarten dengan makanan Belandanya. Penasaran ? Ya udah, langsung aja meluncur ke opening-nya di Common Room, Sabtu besok jam 7PM – 9PM. Eits, sambil nunggu besok, boleh juga tuh diintip karya-karya kedua fotografer ini di blog mereka, SUPPER SNAPSHOTS
**
wasted rockers

“Supper Snapshots: Capturing 2 Cuisines” a photo-exhibition

Suppersnapshots is a collaborative photo-diary by Oxalis Atindriyaratri and Maarten Wesselius.
Every day we put photos of our food side by side, where the left one is always byMaarten, and the right one by Oxalis.
ps: we have just finished our two-year-round of suppersnapshots. be ready for our supper snapshots selection!

Oxalis and Maarten happily announce the first exhibition of Supper Snapshots, to be held in Common Room, Bandung (ID) on 17-31 March 2012. The exhibition focuses on the differences between Dutch and Indonesian cuisines, with a batch of selected photos from the blog that run for two years between 2009-2011.


Posted in , , , , , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.